Rabu, 13 Februari 2013

Bahaya dan Manfa'at meminum air putih


Bahaya dan Manfa'at meminum air putih

Air merupakan sumber mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Biasanya manusia membutuhkan sekitar 6-8 gelas per hari air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika kurang dari 6-8 gelas,mungkin kita bisa mengalami "Dehidrasi"


Apakah itu dehidrasi??

Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.
Dehidarasi terjadi karena:
§  kekurangan zat natrium
§  kekurangan air;

Lalu apa Bahaya dan Manfaat Air bagi kita??

Manfaat Air Putih:
  • Air putih bisa memperlancar peredaran darah
  • Air putih bisa menguruskan badan,
  • Air bisa membuat tubuh lebih bugar
  • Air bisa membuang toksin/racun dalam tubuh
  • Air membuat urine menjadi putih,karena urine kuning biasanya terdapat banyak racun yang bisa menyebabkan penyakit
  • Air dapat menyehatkan jantung
  • Air dapat memperlancar proses pencernaan
Apa penyebab jika mengonsumsi air terlalu berlebihan??

Orang yang mengonsumsi air terlalu berlebihan biasanya disebut "Hyper Hydration",dalam kasus medis ternyata mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan beberapa gangguan terhadap organ di bahwa ini:

1.Ginjal
Air yang kita minum,akan menuju ginjal untuk proses penyaringan. Banyak orang yang beranggapan dengan minum air banyak dapat membersihkan ginjal. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar,karena ginjal akan bekerja terus-menerus. Akhirnya membuat ginjal lemah dan bisa dengan mudah terserang penyakit.

2.Sel Darah Merah
Menurut pendapat ahli,terlalu banyak mengonsumsi air akan membuat sel darah mengembang,dan bila lebih banyak lagi sel darah merah tersebut akan meledak

3.Otak
Mengonsumsi air berlebihan akan membuat air terperangkap di otak kita,dan bisa menyebabkan stroke. Banyak air dapat melebarkan jaringan,dan ini sangat baik untuk pembuluh darah. Akan tetapi otak juga mengembang. Itulah sebabnya kenapa pelari Marathon,lebih senang menyiramkan air ke tubuhnya,daripada meminumnya

4. Paru-paru
Walaupun hanya air, jika bercampur dengan asam lambung saat berbalik naik keatas akan memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang menimbulkanpneumonia.

5. Lambung
Terutama saat minum sebelum tidur. Jika masih ada cairan, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat kita merebahkan diri. Pada saat itu, tubuh akan menyempitkan saluran pernapasan dan menghentikan pernapasan kita untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan. Tindakan otomatis yang dilakukan tubuh mengentikan pernapasan agar air tidak masuk kekerongkonngan dan paru2. Selain itu, minum air terlalu banyak juga bisa membuat kapasitas lambung lebih besar, ini mengiritasi dan melukai lambung.

sumber: http://how-yourblog.blogspot.com/2012/09/bahaya-dan-manfaat-minum-air-putih.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews